Secara
umum dalam sebuah hotel ada beberapa status kamar yang perlu diperhatikan agar
mempermudah pada saat bekerja dan tidak mengganggu ketenangan tamu yang
menginap dihotel dan status kamar-kamar di yang ada dihotel antara lain :
1. (O)
Occupied yaitu status kamar yang dihuni tamu.
2. (OD)
Occupied Dirty yaitu status kamar yang dihuni tamu namun dalam keadaan kotor.
3. (OC) Occupied Clean yaitu status kamar yang dihuni tamu dalam keadaan bersih.
4. (V) Vacant yaitu status kamar kosong tak dihuni tamu.
5. (VD) Vacant Dirty yaitu status kamar kosong dengan keadaan kotor.
6. (VC) Vacant Clean yaitu status kamar kosong dalam kedaan bersih.
7. (VCI) Vacant Clean Insfected yaitu status kamar dalam kedaan kosong dan biasanya
kamar ini akan diperiksa oleh Suvervisor.
8. (CO) Check Out yaitu status kamar tamu dimana tamu telah meninggalkan hotel.
9. (EA) Expected Arrival yaitu status kamar yang diharapkan check inn hari itu.
9. (ED) Expected Departure yaitu status kamar yang diharapkan untuk check out hari
itu.
10.
(HU) House Use yaitu sebuah kamar yang terigister atas nama management atau
karyawan yang dipergunakan sebagai tempat tinggalnya.
11. (SO) Sleep Out yaitu status kamar dimana tamu tidak tidur dihotel melainkan
tidur diluar dari hotel.
12. (SKIP) Skipper yaitu status kamar dimana tamu meninggalkan hotel sebelum
melunasi semua kewajibannya
13. (ONL) Occupied No Luggage yaitu status kamar yang dihuni oleh tamu tetapi tampa
barang apapun.
14. (DND) Don’t Not Disrtub yaitu sebuah status atau tanda dimana tamu yang
menginap tidak boleh diganggu sama sekali.
15. (OO) Out of Order yaitu status kamar dalam masa perbaikan dan tidak dapat
dijual kepada tamu.
16. (DL) Double Lock yaitu status kamar yang dikunci double oleh tamu dari dalam.
17. (R/E) Residence/Employee yaitu pegawai hotel yang menginap dihotel..
18. (LCO) Late Check Out yaitu permintaan tamu untuk meninggalkan hotel lebih
lambat dari waktu Check Out yang ditentukan